Gaya Hidup Masyarakat Urban

Dalam perkembangan masyarakat zaman sekarang ini tidak di pungkiri adanya perpindahan penduduk dengan skala kecil ataupun besar dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dan demi kelangsungan generasi penerusnya. Dalam kasus seperti ini wilayah-wilayah yang dimana mempunyai potensi besar dalam aspek ekonomi dan ilmu pengetahuan menjadi factor penting masalah perpindahan penduduk, baik burupa transmigrasi, urbanisasi, migrasi dan beberapa istilah lainnya yang kesemuanya itu mempunyai tujuan dan factor perpindahan yang berbeda pula, salah satunya masalah kemiskinan.
Kemiskinan adalah salah satu factor dimana masyarakat sering melakukan perpindahan penduduk, dan karena factor tersebutlah membuat mereka dengan tidak sengaja ikut gaya hidup wilayah yang mereka tempati, masyarakat yang menempati wilayah A maka dia tanpa disengaja harus bisa mengikuti gaya hidup didaerah A juga dan sebaliknya juga yang dimana masyarakat A yang pindah ke masyarakat B maka masyarakat A pun harus bisa menyesuaikan kehidupan dimasyarak B, terus selanjutnya sperti itu pula bagi masyarakat yang melakukan perpindahan ke suatu wilayah tertentu.
Dalam kasus tersebut muncul beberapa permasalahan social diantaranya muculnya gaya hidup baru yang timbul karena interaksi antar budaya-budaya satu dengan budaya lainnya. Budaya yang bisa mengasih kontribusi langsung dengan masyarakat biasanya langsung bisa beradaptasi dengan masyarakat tersebut, ban sebaliknya bagi budaya-budaya baru yang dimana budayanya tidak bisa mengasih kontribusi secara langsung akan sulit diterima masyarakatnya.
Dari perubahan gaya hidup itu banyak masyarakat yang dimana budaya local tidak mengenal suatu hal menjadi mengenal halhal yang baru. Ada yang bersifat positif dan adajuga yang sebaliknya negative, hal hal baru dimasyarakat yang masih tradisional filter terhadap budaya baru sangatlah ketat dan karena filter yang ketak itu mengebabkan sulitnya masuk budaya tertentu, walau masuknya budaya tersebut difilter dengan masyarakat tersebut dengan ketak dalam waktu jangka yang lama biasanya budaya tersebut tetaplah berubah.
Kaum mudalah yang sering melakukan perubahan perubahan gaya hidup dimasyarakat, yang lebih menonjol adalah kalangan urban yang dimana mereka mengenal hal-hal baru dari hasil interaksi di kota. Gaya hidup adalah salah satu yang paling menyolak dari hasil interaksi social di kota, masyarakat yang dulunya masih menjunjung tinggi adat dan tradisi di masyakatnya karena gaya hidup yang berubah menyebabkan mereka yang dulunya masih bergaya tradisional berganti gaya hidup yang modern. Contoh yang paling nyata adalah penampilan mereka dan bahasa keseharian mereka, penampilan yang dulunya mereka masih memakai budaya-budaya etika dan ekstatika berganti dengan gaya hidup yang modern ataupun glamor. Tetapi tidak semuanya perubahan karena urban dan gara hidup menghasilkan hal-hal yang negative ada juga banyak hal yang positif dintaranya masyarakat yang dulunya kalau mereka sakit mereka pergi ke dukun-dukun sekarang mereka kalau sakit pergi kerumah sakit, dan karena perpindahan tersebut membuat mengetahui perkembangan ilmu dan teknologi di zaman sekarang dan membuat mereka semakain berkembang dan mengetahui kebutuhan hidup zaman sekarang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: