2. Arti Perubahan Sosial

Wilbert Mooer mendefinisikan perubahan sosial sebagai “perubahan penting dari struktur sosial” dan yang dimaksudkan dengan struktur sosial adalah “pola-pola perilaku dan interaksi sosial.
Robert H. Lauer mendefinisikan perubahan sosial sebagai suatu konsep inklusif yang menunjuk kepada perubahan gejala sosial sebagai tingkat kehidupan manusia, dan mulai dari individu sampai global.
Gillin John dan John Philip Gillin mengatakan arti perubahan-perubahan sosial sebagai suatu variasi dari cara-cara hidup yang telah diterima.
Soejono Soekanto, perubahan-perubahan sosial meliputi unsur-unsur kebudayaan baik yang material maupun yang immaterial, yang ditekankan adalah pengaruh besar unsur-unsur kebudayaan material terhadap unsur-unsur immaterial.
Arti perubahan sosial menurut Astrid Susanto (dalam Gama, 1992: 8) tampaknya memberikan tekanan atas pentingnya pembangunan untuk diterapkan pada gejala sosial.
Definisi perubahan sosial dalam arti lain adalah dari Selo Soemardjan Rumusannya adalah sebagai segala perubahan-perubahan pada lembaga-lembaga kemasyarakatan didalam suatu masyarakat.
Dengan demikian dapat dikemukakan bahwa arti perubahan sosial adalah proses di mana terjadi perubahan struktur masyarakat yang selalu berjalan sejajar dengan perubahan kebudayaan dan fungsi suatu sistem sosial, hal ini dinamakan perubahan sosial hubungan fungsional. Karena tiap-tiap struktur mendapat dukungan dari nilai-nilai dan norma-norma kebudayaan.
Pengadopsian metode keluarga berencana (KB) oleh suatu keluarga adalah merupakan salah satu contoh perubahan sosial hubungan fungsional. Antara para pengguna metode KB dengan pemerintah.
Perubahan sosial, baik pada fungsi maupun struktur sosial yang di dukung oleh nilai-nilai dan norma-norma kebudayaan adalah terjadi sebagai akibat dari kegiatan-kegiatan tersebut di atas.
Nilai dan norma-norma kebudayaan itu tidak mudah diubah begitu saja, karena diintroyeksikan dalam jiwa dan keyakinan para anggota masyarakat seperti halnya terjadi dalam proses sosialisasi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: