Teori Makro Dalam Perubahan Sosial

Teori perubahan sosial yang akan dikemukakan ini adalah teori-teori perubahan sosial yang berhubungan dengan jangka waktu lama dan dalam skala pembangunan makro atau skala besar. Beberapa teori skala besar atau teori makro tentang perubahan sosial dengan para tokoh pendukung dikemukakan sebagai berikut:
a. Teori evolusi dan tokoh-tokoh pendukungnya
Teori evolusi sosial dan kebudayaan mempunyai empat anggapan dasar yaitu: (1) umat manusia itu adalah bagian dari pada alam, dan bekerja sesuai dengan hukum alam pula. (2) hukum alam itu yang menguasai perkembangan, tidak mengalami perubahan sepanjang zaman (3) Proses alamiah itu bergerak secara progresif dari yang tidak sederhana menuju ke arah yang lebih kompleks. Dari yang tidak terorganisasikan menuju kepada yang diorganisasikan secara lengkap, (4) manusia di seluruh dunia mempunyai potensi yang sama akan tetapi berbeda secara fundamental dalam perkembangan kuantitatif mengenai intelegensi dan pengalamannya.
Tokoh-tokoh pendukung teori evolusi dengan karya mereka
Ibnu Khaldun (1332:1406) adalah seorang sarjana Arab. Penjelasan sejarah atau pola perubahan sosial ini terkandung dalam karyanya “Mukadimah”.
Ibnu Khaldun dapat dianggap sebagai salah seorang pioner pemikir sosiologi yang memperkenalkan dan menggunakan enam pilihan yang menjadi landasan sosiologi, yaitu:
– Sosial mengikuti pola-pola yang sah menurut hukum.
– Hukum-hukum perubahan itu berkaku pada tingkat kehidupan masyarakat (bukan pada tingkat individual).
– Hukum-hukum proses sosial harus dikemukakan melalui pengumpulan banyak data.
– Hukum-hukum sosial yang serupa, berlaku dalam berbagai masyarakat yang serupa strukturnya.
– Masyarakat ditandai oleh perubahan. Tingkat perubahan antara masyarakat yang satu dan yang lain mungkin sangat berbeda.
– Hukum-hukum yang berlaku terhadap perubahan itu bersifat sosiologis.
Auguste Comte (1798-1857) seorang sarjana Perancis, umumnya dikenal sebagai “Bapak Sosiologi”. Tiga tahapan perkembangan pemikiran manusia yaitu teologi-metafisika-dan positivisme.
Herbert Spencer (1820-1903) seorang sarjana Inggris yang menulis buku pertama berjudul “prinsip-prinsip sosiologi (principles of sociology/1986).
Emile Durkheim menyimpulkan perbedaan antara solidaritas mekanik dan organik dalam tiga hal.
Morgan menyatakan, kemajuan kebudayaan sejalan dengan perkembangan teknologi.
Karl Marx (1813-1883) dari tahap masyarakat pemburu primitive ke masyarakat industrialis modern.
b. Teori revolusi dan tokoh-tokoh pendukungnya
Ditinjau dari sudut pandang revolusi bahwa perubahan sosial sering berhadapan dengan letupan sosial bila terdapat (1) struktur masyarakat yang kondusif, (2) adanya ketegangan sosial. (3) kepercayaan bersama (bukan agama) yang dihayati. (4) kemungkinan mobilisasi, (5) kontrol sosial yang tidak berfungsi.
Tokoh-tokoh pendukung teori revolusi dapat dikemukakan antara lain:
Mac Iver, revolusi terdiri dari (1) revolusi nasional, (2) revolusi kelas.
Vilredo Pareto cs revolusi bersifat (1) Coup d’etab perebutan kekuasaan yang terjadi di pusat (2) putch: perebutan kekuasaan yang terjadi di daerah.
c. Teori Siklus dan tokoh-tokoh pendukungnya.
Cara yang lebih umum dalam menerangkan arah perubahan umat manusia adalah dengan membayangkan sebagai siklus, lingkaran.
Tokoh-tokoh pendukung teori siklus dengan karya mereka
Pitrim A. Sorokin (1898-1969) dalam karyanya “social and cultural dynamics ia menganalisa perubahan sosial mulai dari tahun 600SM hingga sekitar 1933.
Menurut Sorokin, sejarah sosiokultural merupakan lingkaran yang bervariasi antara ketiga super sistem yang mencerminkan kultur yang agak homogen.
Arnold Toynbee (1889-1975). Singkatnya gambaran sejarah manusia yang dikemukakan Toynbee adalah suatu lingkaran perubahan berkepanjangan dari peradaban lahir, tumbuh, pecah dan hancur.
Oswald Spengler (1856-1936) berpandangan bahwa setiap setiap perubahan besar mengalami proses pentahapan kelahiran, pertumbuhan dan keruntuhan. Karyanya The Decline of the west 1962, keruntuhan dunia Barat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: