Analisis Perkembangan Teori Makro Dalam Perubahan Sosial

a. Analisis perkembangan teori evolusi
Inti teoritisi evolusi dalam hal ini evolusi kuno yang menganggap perkembangan evolusi menurut garis lurus (unlinear) memuat ide bahwa bentuk organisasi sosial paling primitive adalah keluarga matrilineal. Bentuk ini akhirnya menghasilkan bentuk kekeluargaan patrilineal dan patriarkhat karena laki-laki memperoleh dominasi.
Walaupun demikian, teori evolusi masih mengandung banyak deskripsi yang cermat. Kebanyakan masyarakat telah beralih dari masyarakat sederhana ke masyarakat kompleks. Jadi, walaupun teori evolusi tentang adanya serangkaian tahap tidak sepenuhnya benar, namun teori evolusi itupun tidak sepenuhnya salah.
b. Analisis perkembangan teori revolusi
Para ahli sosiologi berpendapat, bahwa suatu revolusi tidak terjadi dengan mendadak bahkan ada juga revolusi yang tidak pernah pecah, walaupun ia telah mencapai puncak. Tahap revolusi dicapai, karena kebutuhan akan perubahan, harapan-harapan akan perubahan (menuju perbaikan) dirasakan tidak diwujudkan. Kebanyakan tokoh sosiologi berpendapat bahwa revolusi merupakan kemunduran dan jarang merupakan kemajuan masyarakat.
c. Analisis Perkembangan teori siklus
Upaya untuk mengidentifikasi, menetapkan waktu secara tepat, dan membandingkan beribu gejala yang menunjukkan perubahan dalam bidang seni, sastra, musik, hukum, moral, perdagangan, agama dan unsur kebudayaan lainnya yang berlangsung ribuan tahun, tidak terlepas dari kemungkinan adanya begitu banyak pencatatan yang meragukan dan begitu banyak pilihan dan penerkaan, sehingga data yang mendasari teori-teori tersebut tidak dapat dipercaya.
d. Analisis perkembangan teori fungsional dan teori konflik
Baik teori fungsional maupun teori konflik tidak termasuk dalam salah satu teori besar (teori makro) yang disinggung terdahulu di muka.
Perubahan yang ternyata bermanfaat (fungsional) diterima dan perubahan lain yang terbukti tidak berguna (disfungsional) ditolak.
Teori konflik menilai bahwa yang konstan adalah konflik sosial, bukannya perubahan. Perubahan hanyalah merupakan akibat dari adanya konflik tersebut.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: